Viral di Tiktok ! Ini Kelezatan Yammie Ketandan Yogyakarta

 


Memasuki lokasi Yammie Ketandan pada Kamis (1/6/2023). (Foto: Ladira Jasmine)

YOGYAKARTA – Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Yogyakarta, tetapi tidak menjelajahi Jalan Malioboro. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temukan di sepanjang Jalan Malioboro.

Kami mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengunjungi salah satu kedai mie yang terletak di Kampung Ketandan, kawanan pecinan Malioboro, Yammie Ketandan, pada kamis (1/6/2023).

Yammie merupakan varian mie yang lebih sering dianggap sama dengan mie ayam. Tampilan dan tekstur dari yammie lebih tipis dan kecil, saat dimakan terasa sedikit kering, namun teksturnya lembut.

Sedangkan dari segi rasa, yammie lebih banyak menggunakan bumbu chinese food dan tambahan lada bubuk. Rasanya menjadi gurih cenderung asin dan memiliki aroma lada yang khas.

Letak kedai yammie ini tersembunyi di antara gang yang padat penduduk sehingga wajar jika disebut sebagai tempat wisata kuliner hidden gem di Malioboro.

Yammie Ketandan dibuka sejak 2017 dan memiliki banyak pengunjung, terutama berasal dari luar kota. Hal ini karena Yammie Ketandan termasuk dalam kuliner hits di Yogyakarta dan menjadi viral di media sosial seperti TikTok. 

“Aku kan tahu tempat ini dari TikTok, jadinya penasaran. Ya sudah, aku datang ke sini deh,” kata Adit, salah satu pengunjung Yammie Ketandan, pada kamis (1/6/2023).

Pengunjung lain, Arini alasan utamanya karena cita rasa gurih yammie di kedai ini bikin banyak orang ketagihan.

“Yammie terenak yang pernah aku coba. Halal lagi,” komentar Arini. 

Yammie Ketandan menyajikan mie dengan berbagai topping, seperti pangsit goreng, pangsit rebus, bakso goreng, dan bakso rebus. Harga setiap menu dipatok mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 25.000.

“Semua menu disini best seller, Mbak,” ungkap Doni, pemilik Yammie Ketandan saat kami tanya apa menu best seller-nya.

Saking viralnya tempat ini, semua menu bisa laku terjual. Untuk minumannya tersedia berbagai macam menu, antara lain teh, jeruk, kopi, wedang uwuh, dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp 3.000. Setelah memesan, tinggal menunggu disajikan.

Selain karena kelezatannya, Yammie Ketandan juga mendapatkan perhatian dari warganet karena interior kedai yang estetis sehingga sangat Instagramable.

Ini dilihat dari dinding dan perabotan dari kayu, dan pencahayaan redup membuat tempat ini sangat aesthetic. Kedai mie bertema vintage ini membuat pengunjung ingin mengabadikan foto untuk diunggah di akun Instagram masing-masing.

Tampak pengunjung menunggu pesanan (1/6/2023). (Foto: Nayla Hafshah)

Dari akun Instagram Yammie Ketandan, kedai ini buka mulai pukul 11.00 WIB hingga 16.30 WIB pada Senin sampai Sabtu, dan pukul 13.00 WIB hingga 16.30 WIB pada Jumat. 

Bahan-bahannya yang terbatas membuat waktu buka Yammie Ketandan cukup singkat. Tidak heran ada satu atau dua orang yang datang justru batal membeli karena habis. Apabila kamu ingin makan di Yammie Ketandan dan tidak ingin kehabisan, kamu bisa melakukan reservasi melalui nomor WhatsApp yang tertera di akun Instagram @yammie_ketandan.

Sayang sekali selain jam buka yang terlambat, kami juga mendapatkan sedikit pengalaman kurang menyenangkan karena pelayanan kedai yang terkesan kurang ramah. Selain itu, kami perlu menunggu kurang lebih 25 menit untuk mencoba semangkok mie. 



Comments

Popular posts from this blog

Kenaikan Harga Bahan Pangan Menjelang Lebaran di Pasar Gede Solo

Pascapandemi, Begini Pendapatan Penjual Ikan Hias di Pasar Depok Solo